Apa manfaat dan kerugian saat Android di Root?





        Selamat pagi semua, pagi-pagi gini sudah ingin ngetik artikel nih, sebenernya artikel ini saya buat karena setelah saya update tentang Kenapa android harus di root banyak teman-teman bertanya apasih manfaat di root? bikin android jadi canggih kah? atau malah merugikan? , sebelumnya saya minta maaf jika penjelasan mengenai root di artikel saya sebelumnya kurang jelas atau kurang gamblang memberitahukan manfaatnya, oke , pagi ini saya akan memberikan penjelasan lengkap dan mudah mudahan para pembaca ahli kabar bisa paham tentang manfaat dan kerugian hape di root. hehe


Manfaat Android di root

Baca juga : aplikasi yang membantu kinerja android menjadi ringan

1. Android sepenuhnya atas kendali anda

     Di sini yang saya maksud sepenuhnya atas kendali anda adalah kalian bisa meng-custom (membuat) tampilan android sesuai selera kalian, bukan hanya tampilan saja , anda juga bisa merubah tata letak info bar (lambang sinyal, baterai dll yang ada diatas layar android) , bahkan anda bisa mengganti warna dari info bar tersebut, keren kan? , Bagaimana cara mengcustomnya? caranya cukup mudah , dan yang pasti android sudah ter-root, kemudian kita menggunakan aplikasi framework , saya tidak akan menerangkannya disini , mungkin artikel selanjutnya saya akan membahasnya, karena artikel ini saya khususkan untuk memberitahukan manfaat dan kerugian android di root.


2. Bisa menghapus aplikasi bawaan dari smartphone anda

      Ya, anda bisa menghapus aplikasi bawaan di smartphone anda, Untuk apa aplikasi bawaan di hapus? yang pasti bisa membuat ruang internal dan RAM anda menjadi ringan setelah menghapus aplikasi bawaan, Bahayakah menghapus aplikasi bawaan hape? Bahaya atau rtidaknya tergantung dari aplikasi apa yang anda hapus, sangat berbahaya jika menghapus system dari android anda, dan sangat bermanfaat menghapus aplikasi yang tidak berguna, mungkin seperti itu gambarannya , jika tidak anda ingin mencoba saya sarankan untuk browsing dulu tanya mbah google aplikasi bawaan apa saja yang tidak boleh di hapus. 


3. Membuat kinerja smartphone makin cepat

       Kalau yang ini sudah terbukti, karena anda bisa menginstall aplikasi pendukung untuk smartphone agar tidak lelet , dan yang pasti aplikasi tersebut akan bisa digunakan ketika android sudah di root saja, dan saya menjamin jika aplikasi yang membutuhkan akses root kinerjanya lebih bagus dari aplikasi biasa yang tanpa akses root, karena seperti yang saya katakan di atas, ketika android sudah di root android tersebut 100% kendali ada di tangan anda. Anda bisa memilah memilih aplikasi pendukung yang cocok untuk anda.
Mempercepat android tanpa root

4. Bisa custom ROM

      Apa itu custom ROM? Pernahka anda melihat android teman anda yang merknya china tapi tampilan smartphonenya seperti Samsung , Sony , Bahkan seperti Iphone? , tapi yang pasti hanya tampilannya yang mirip, saya tidak bisa menjelaskan secara detail apa itu custom ROM, tapi yang jelas anda bisa merubah rubah android anda semaunya, bahkan upgrade versi operation system misal yang semula jelly bean bisa dirubah menjadi lollipop, tetapi anda juga harus memperhatikan kekuatan dari mesin android anda sendiri, kalau tidak ingin ketika upgrade malah bootlop (tidak bisa nyala) 

  


     Menurut saya seperti itulah kelebihan android yang di root , dan pasti masih banyak lagi kelebihannya , tapi yang saya rasakan ketika saya me-root android masih segitu , selebihnya mungkin para blogger lainnya bisa menjawab , tinggal surfing saja di mbah google guys.

Setelah tadi saya jelaskan secara gamblang manfaat dari root (menurut saya sendiri) sekarang lari ke kerugian android ketika sudah di root, oke langsung saja simak ya?


Kerugian android ketika di root

1. Garansi handphone akan hilang

      Saya rasa kalau ini pasti akan terjadi , ketika anda me-root hape anda itu sama saja sudah menghilangkan segel dari software hape anda (bahasa kasar dan ngawurnya :3) , yang pasti sama saja anda membobol system dari android itu agar anda bisa merubah/mengutak atik smartphonenya, tapi ini berlaku untuk yang masih ada garansinya lo hapenya :3 bukan yang udah gak ada garansinya.


2. Membuat layar error (sangat jarang terjadi)

   Saya sendiri tidak pernah mengalami saat me-root android kemudian terjadi masalah layar error, tapi banyak juga yang bilang kalau root bisa membuat layar kadang tidak berfungsi secara tiba-tiba , tapi mereka tidak mempunyai alasan kenapa bisa tiba-tiba layar tidak berfungsi, tapi kembali lagi kepada opini orang-orang, jadi ya mau gak mau info yang saya terima tentang kerugiaan root berdampak pada layar yang tiba-tiba error, tapi saya tekankan jika saya sendiri belum pernah melihat dan mengalami hal yang demikian.

Baca juga : Cara mengatasi layar smartphone yang sering error
KESIMPULAN :

   Mungkin sebelum saya simpulkan anda sendiri sudah bisa menyimpulkan, memang banyak manfaatnya daripada kerugiannya jika android itu di root , dan saya merasakannya sendiri , jadi jika anda saat ini bimbang mau root hape anda atau tidak saya sarankan jika android masih mempunya garansi jangan di root dahulu :3 karena sayang kalau ada apa apa tapi garansinya udah hilang , kalau sudah hilang masa garansinya menurut saya jangan ragu lagi untuk melakukannya (menurut saya), tapi yang pasti jika anda kurang tahu tentang masalah me-root hape saya sarankan serahkan pada orang yang ahli me-roo, jangan coba-coba kalau memang sudah siap dengan resikonya :3 karena saat me-root hape itu taruhannya ya pas prosses me-roo itu sendiri, karena kalau salah bisa bootlop (tidak bisa masuk ke android hanya sampai logo smartphone) , bahkan bisa mati total jika kesalahan rootnya fatal hehe.

Baca : Cara jika google play , gmail tidak bisa login di smartphone 
        Saya rasa cukup sekian dulu informasi dari saya, dan mudah-udahan anda bisa menyerna dengan baik artikel saya :3 dan yang pasti semoga bermanfaat ! . Terimakasih sudah mau mampir di artikel saya , dan mhon maaf jika salah kata, jika ada yang ingin ditanyakan , jangan ragu untuk hadir di kolom komentar , see ya next artikel hehe


26 Responses to "Apa manfaat dan kerugian saat Android di Root?"

  1. ouh seperti itu ya gan.... jadi mikir dua kali mau ngeroot HP takut layarnya sensitif alias error

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan , tapi jarang banget yang ngalamin kayak gitu hehe

      Delete
  2. Info yang sangat bagus gan top deh sayangnya hp ane belum root 😂

    ReplyDelete
  3. Makasih banget ya artikelnya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama gan, kunjungi artikel bermanfaat lainnya :)

      Delete
  4. infonya sangat bermanfaat , dulu hampir root tapi belum jadi jadi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha terus sekarang mau root kah gan?

      Delete
  5. Root hh emng memudahkan menjalakan apa yg tidak bisa di jlankan seblum tpi di sisi itu ada postif dan negatif nya.

    ReplyDelete
  6. Wah mantep banget ya klo android di Root. Klo negatifny gk terlalu berbahaya juga :v

    tpi pernah root pake Frameroot, gagal mulu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya gan , yang namanya root itu banyak mantabnya menurut ane pribadi :3 . Kalau os agan versi di bawah lollipop mending pakai kingroot gan, lebih gampang *saran

      Delete
  7. Serem² kuku juga ya gan, jadi mikir lg ane mau ngeroot .. hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha serem serem kuku itu apaan gan? :D

      Delete
  8. Kayanya aku mikir-mikir dulu mau root soalnya garansi hpnya masih ada :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih ada garansi memang harusnya jangan di root dulu bang :3 sayang garansi cuy

      Delete
  9. bahaya juga sih.. apalagi kalo hardbrick saat ganti rom hadeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka dari itu harus bener bener mahir dalam hal root hh gan sebelum ngeroot , atau kasih orang yang udah pro aja biar gak terjadi hal yg tidak diinginkan :3

      Delete
  10. kalo saya setiap hp saya di root selalu memakai aplikasi king root gan, selain mudah dan cepat dengan menggunakan aplikasi ini tersedia berbagai fitur yang sangat membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa gan. Untuk os dibawah lolipop lebih baik menggunakan king root :3

      Delete
  11. kalo menurut saya kerugiannya sistem android menjadi lebih rawan kena virus setelah diroot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga gan, tergantung kita pakainya gimana hehe baca artikel saya sebelumnya tentang tanda android terkenaa virus. Sudah saya jabarkan juga untuk mencegah pada android yg sudah di root

      Delete
  12. Tapi saya lebih tertarik buat ngeroot gadget saya, soalnya kalo udah di root gadget kita jadi lebih bebas, bisa di custom rom lah, bisa di copot aplikasi bawaan dll.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai isi topik jika tidak ingin dianggap spam , terimakasih.....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel