Cara flashing / Hard restart semua merk handphone android tanpa ribet (Samsung , Asus , Lenovo , Oppo dll)




      Selamat siang semuanya , pada kesempatan kali ini AHLI KABAR akan memposting sebuah artikel tentang cara flash semua merk hape, bagi kalian yang saat ini sedang mengalami kendala pada hape dan anda berniat untuk menginstall ulang hape anda saya rasa anda menuju blog yang benar :3 karena disini saya akan memberikan tutorialnya yang insha Allah lengkap dan mudah di mengerti.

Perlu di ketahui juga, cara ini bukan hanya untuk flashing saja , melainkan bisa di gunakan untuk custom ROM juga , jadi enak kan langsung dapat Ilmu sepaket :3 , tapi custom ROM sangat berbeda caranya dari flashing hape, berhubung artikel saya kali ini hanya akan membahas tentang flashimh hape , jadi mungkin lain kali saja saya menulis tentang cara custom ROM , btw custom ROM itu apaan sih ? Custom ROM adalah tindakan mengganti system perangkat lunak smartphone , bisa digunakan untuk upgrade , downgrade , bahkan mengganti OS android, untuk lebih jelasnya silahkan anda tanya-tanya mbah google :3

Tanpa banyak bacot lagi, langsung saja saya kasih tutorial flashingnya :3

BACA JUGA : Kenapa android lemot? ini cara mengatasinya

Bahan dan alat-alat yang perlu di siapkan

1. Hape Android yang mau di flash (wajib mah kalau ini :3) ( aplikasi flashtoolnya bisa download disini )
2. Laptop/PC 
3. Aplikasi SP Flash Tool 
4. Driver Android anda ( Jika pakai samsung ya cari USB Driver untuk samsung , jika pakai lenovo ya tinggal download USB Driver for Lenovo)
5. Kabel USB
6. File yang berisi ROM hape anda (bisa cari di google dengan mudah , misal anda menggunakan lenovo a369i , langsung saja ketik dengan keyword ROM flash lenovo a369i, begitu juga dengan merk hape lainnya.

Langkah-langkah flashing

1. Buka SP flash tool di laptop/pc anda 

2. Install USB Driver android anda

3. Pilih Scatter-Loading 

4. Kemudian cari folder yang anda download tadi (ROM Android agan yang mau di install) di dalamnya pasti terdapat file scatter - Pilih scatternya 

5. Setelah scatter terpilih kemudian akan ada file-file yang muncul yang akan di flash kan ke android anda , Centang yang menurut nda penting. (Sebaiknya jika ada file PRELOADER dan DSP_BL jangan di centang , karena resiko bisa hardbrick atau mati total, ini mengantisipasi jika ROM yang anda download salah)

6. Setelah memilih milih file langsung saja tekan DOWNLOAD

7. Sembari menunggu SP Flash Tools mendownload file tancapkan Android anda menggunakan Kabel USB yang tersambung ke pc/laptop anda (Android dalam keadaan mati, agar proses flash berjalan lancar)

8. Kemudian akan muncul di progres bar warna merah (menandakan Android siap di flash)

9. Anda tidak perlu mengutak-atik lagi , karena proses flash akan berjalan dengan sendirinya ketika USB Driver sudah terbaca (tandanya warna merah yang tadi akan berganti kuning yang memberitahukan Android sedang dalam proses Flashing)

10. Tunggu sampai proses yang berwarna kuning di tandai dengan lingkaran Warna Hijau

11. Setelah muncul lingkaran hijau , cabut android anda dari USB.

12. Kemudian hidupkan Android anda (jangan khawatir jika ketika menghidupkan android tetapi android sangat lama masuknya atau hanya ada gambar logo dari Android anda, karena memang setelah flash biasanya memakan waktu 5-10 menit loadingnya)

13. Selamat Android anda sudah berhasil di flash hehe

BACA JUGA : Mengatasi layar smartphone yang sering error

       Saya rasa cukup sekian tutoria; flashing dari saya , selanjutnya saya hanya menyampaikan kata DO WITH YOUR OWN RISK , Karena saya tidak bertanggung jawab jika ada kerusakan pada smartphone anda, tapi saya bisa menjamin , jika anda melakukan dan menjalankan langkah-langkah di atas dengan benar anda tidak akan mengalami kerusakan pada android anda , saya sudah test cara ini dengan menggunakan Android yang ber merk Lenovo (kebetulan punya adek saya sendiri) , Samsung galaxy young (punya keponakan saya), Asus zenfone 4 dan 4s ( punya saya sendiri) dan android2 merk china punya kawan saya dan semua berhasil mulus tanpa ada gangguan sedikitpun pada Android mereka 

Akhir kata saya ucapkan terimakasih sudah mampir di blog saya , dan mohon maaf jika ada salah kata atau kata yang kurang enak di lihat :3 bye !

7 Responses to "Cara flashing / Hard restart semua merk handphone android tanpa ribet (Samsung , Asus , Lenovo , Oppo dll)"

  1. Wah mantep gak perlu flashing tgl reset bisa ...

    ReplyDelete
  2. Boleh juga nih infonya , pas waktu ane mau flash

    ReplyDelete
  3. Apa itu saja bahan bahan buat flash hp android . dia membutuhkan box flaser kggk min ? Kalau menggunakan sofware flashtool ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya tinggal menyiapkan usb driver (sesuai dengan merk hp) dan ROM untuk di installkan ke android, spflashtool alat untuk menginstallkan ROM ke android agan. kesimpulan hanya 3 bahan yang perlu : usb driver , ROM , SP Flash Tool

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai isi topik jika tidak ingin dianggap spam , terimakasih.....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel